Harta Nazaruddin Rp550 Miliar Disita untuk Negara

Feri Agus Setyawan, Okezone · Rabu 15 Juni 2016 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 15 337 1416259 harta-nazaruddin-rp550-miliar-disita-untuk-negara-wyGReYtoc5.jpg foto: Dok Okezone

JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memutuskan sebagian harta milik mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin dirampas untuk negara. Nazaruddin divonis enam tahun bui dan denda Rp1 miliar subsidair satu tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum KPK, Kresno Anto Wibowo memperkirakan, harta milik Nazaruddin yang dirampas untuk negara mencapai Rp550 miliar dari total yang dituntut Rp600 miliar.

"Kami memang belum menghitung dan mendapatkan jumlah pasti. Tapi perhitungan secara kasar sekitar itu," ujar Kresno di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2016).

 (Baca juga: Nazaruddin Terima Divonis Enam Tahun dan Denda Rp1 Miliar)

Menurut Kresno, jumlah harta yang disita untuk negara akan dihitung lebih lanjut oleh Satgas Barang Bukti KPK. Nantinya, proses eksekusi harta yang dirampas untuk negara akan dihitung secara rinci.

Sementara itu, beberapa harta milik Nazaruddin yang diputuskan untuk dikembalikan yakni aset berupa sebidang tanah perkebunan kelapa sawit milik PT Panahatan di Bengkalis, Riau. Sertifikat tanah dan rumah di Pejaten Barat.

 Nazaruddin Dituntut 7 Tahun Penjara

Kemudian, satu unit rumah di Alam Sutra, dan satu unit ruangan di Apartemen Taman Rasuna. Selain itu, terdapat polis asuransi dan rekening Mandiri atas nama Neneng Sri Wahyuni, yang merupakan istri Nazaruddin dan sebuah jam tangan.

Menurut Hakim, beberapa harta tersebut dikembakin kepada Nazaruddin lantaran tak berkaitan dengan dugaan korupsi. Misalnya, beberapa harta tersebut sebenarnya dimiliki oleh orang lain, dan yang lainnya didapatkan sebelum Nazaruddin menjadi anggota DPR.

 

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini