Soeharto Layak Jadi Pahlawan Nasional

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 27 Mei 2016 23:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 27 337 1399832 soeharto-layak-jadi-pahlawan-nasional-3sUt1aFDiQ.jpg Mantan Presiden Soeharto (Foto: AFP)

JAKARTA - Wacana pemberian gelar pahlawan kepada Soeharto menjadi polemik di masyarakat. Soeharto dinilai telah berjasa kepada bangsa Indonesia selama berkuasa 32 tahun. Namun sejumlah aktivis menolak pemberian gelar pahlawan pada Soeharto.

“Terlepas dari penilaian sekelompok orang bahwa Pak Harto punya salah selama berkuasa, tetapi bangsa ini tidak bisa menutup mata terhadap jasa-jasa Pak Harto selama memimpin Indonesia,” ujar koordinator lapangan Komunitas Rakyat pro Soeharto Untuk Indonesia (Kontrasindo), Fahri Husaini saat menggelar aksi damai di Patung Kuda, Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Fahri mendukung pemerintah untuk memberi gelar serupa kepada Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Saya berpendapat, seluruh presiden punya jasa terhadap bangsa ini, meski pun selama memimpin diwarnai dengan kontroversi. Tetapi itu tidak menghalangi para pemimpin itu mendapat gelar pahlawan nasional,” tambahnya.

(Baca: Gerindra: Wajar Golkar Usulkan Soeharto Jadi Pahlawan Nasional)

Dia menduga, penolakan terhadap wacana pemberian gelar pahlawan nasional kepada Soeharto dilakukan oleh segelintir orang yang tergabung dalam sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta tidak suka dengan gaya kepemimpinan Soeharto.

“LSM yang dibiayai asing ini selalu mencari-cari kesalahan Pak Harto, dengan atas nama HAM, korupsi dan lain-lain," sindirnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini