nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bocoran Isi Perppu untuk Melindungi Anak dari Kekerasan Seksual

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2016 17:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 11 337 1385776 bocoran-isi-perppu-untuk-melindungi-anak-dari-kekerasan-seksual-NxAQZYLQTP.jpg Presiden Joko Widodo

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (peppu) terkait memberikan perlindungan kekerasan seksual terhadap anak.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, dalam perppu tersebut salah satunya menambah hukuman dari sebelumnya 15 menjadi 20 tahun penjara.

"(Dalam perppu) salah satu halnya berkaitan dengan hukuman pokok yaitu bisa menjadi hukuman maksimal 20 tahun," ujar Puan di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Mantan anggota Komisi I DPR RI ini juga menjelaskan bahwa pemberian hukuman kebiri rencananya dijatuhkan kepada pelaku kejahatan seksual. "Pemberatan hukuman salah satunya dengan kebiri," katanya.

Selain itu juga akan mengatur pemasangan chip kepada pelaku sehingga setelah keluar dari kurungan penjara, polisi masih dapat memantau gerak-geriknya.

Puan mengatakan, perppu tersebut segera disusun oleh lintas kementerian dan lembaga sebagai perwujudan dari pernyataan Presiden Jokowi bahwa kejahatan seksual terhadap kejahatan anak masuk kategori kejahatan luar biasa.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly mengatakan, saat perppu itu diterbitkan, jajarannya akan segera dikirim ke DPR untuk membahasnya.

"Akan kita kirimkan ke DPR, dan kita harapkan pada masa sidang mendatang dibahas," ujar Yasonna.

Mantan anggota Komisi II DPR RI tersebut mengungkapkan alasan Presiden Jokowi lebih mengeluarkan perppu agar prosesnya tidak terlalu lama.

"Kalau UU kan nanti lama lagi perdebatannya. Ini segera kita rumuskan, tim lintas kementerian akan segera kerja," katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini