Jaksa Agung Sebut Hizbut Tahrir Indonesia Anti-Pancasila

Gunawan Wibisono, Okezone · Rabu 11 Mei 2016 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 11 337 1385706 jaksa-agung-sebut-hizbut-tahrir-indonesia-anti-pancasila-DkH2z2bWjd.jpg Jaksa Agung, HM Prasetyo (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Gerakan Pemuda Anshor menyebut jika Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) telah mengusung paham Khilafah Islamiyah, yang bertujuan mengganti ideologi Pancasila.

Jaksa Agung HM Prasetyo membenakan jika, Hizbut Tahrir Indonesia termasuk salah satu organisasi masyarakat (ormas) yang bertentangan dengan Pancasila.

"Iya saya kira termasuk, yang sekarang jadi tredning topic kan itu," ujar Prasetyo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Karenanya, dia mengaku sampai saat masih berkoordinasi dengen Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo untuk menindaklanjutinya, apakah nanti akan diberikan sanksi berupa pembubaran ormas tersebut.

"Ini sedang dilakukan penelitian, pembahasan bersama dengan Kemendagri, kan semuanya belum, kita enggak bisa terlalu cepat menyimpulkan sebelum kita tahu persis persoalannya ada di mana," katanya.

(Baca Juga: Menteri Tjahjo Akan Usir Ormas Anti-Pancasila dari Indonesia)

Pembahasannya bersama Tjahjo Kumolo, ungkap Prasetyo, salah satunya adalah meneliti sejauh mana paham Khilafah Islamiyah, yang disebut akan mengganti ideologi Pancasila.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku telah membubarkan organisasi massa (ormas) yang telah mendeklarasikan anti terhadap Pancasila.

Tjahjo mengatakan, saat ini kementeriannya telah bekerjasama dengan Polri, Kejaksaan Agung dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mengantipasi dan mengamati pergerakan dari ormas anti Pancasila tersebut.

Mantan anggota Komisi I DPR tersebut menambahkan, pemerintah tidak akan segan-segan mengusir ormas tersebut dari Indonesia. Pasalnya jika dibiarkan organisasi tersebut akan semakin berkembang dan membahayakan kedaulatan serta ideologi NKRI.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini