DPR Minta Jokowi Segera Terbitkan Perppu Hukuman Kebiri

Qur'anul Hidayat, Okezone · Rabu 11 Mei 2016 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 11 337 1385615 dpr-minta-jokowi-segera-terbitkan-perppu-hukuman-kebiri-rsHvusXS6S.jpg Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partonan Daulay (Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mempertimbangkan menerbitkan peraturan pengganti undang-undang (perppu) tentang hukuman kebiri, atau memberikan hukuman berat kepada pelaku kejahatan seksual dengan merevisi Undang-Undang Perlindungan Anak.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partonan Daulay, mengungkapkan bahwa perppu adalah cara paling cepat untuk melahirkan payung hukum untuk menjerat para pelaku kejahatan seksual. Ia pun berharap wacana tersebut segera direalisasikan oleh pemerintah.

"Terkait itu kita harap wacana itu segera direalisasikan oleh Presiden karena saya dengar draf sudah selesai, tinggal dikeluarkan. Itu yang belum dikeluarkan oleh Presiden," kata Saleh kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

(Baca juga: Kak Seto Khawatir Kebiri Bikin Pelaku Kejahatan Seksual Makin Beringas)

Ia memandang DPR tentu akan menerima dan menyetujui perppu tersebut jika memang menampung aspirasi masyarakat, terutama dalam mengatasi maraknya kejahatan seksual di Indonesia.

"Cuma DPR tentu akan pelajari substansi perppu itu karena selama ini kita cuma mendengar saja wacana perppu. Drafnya jujur saja belum pernah lihat dan baca secara keseluruhan," tegasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini