Menteri Tjahjo Akan Usir Ormas Anti-Pancasila dari Indonesia

Gunawan Wibisono, Okezone · Rabu 11 Mei 2016 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 11 337 1385349 menteri-tjahjo-akan-usir-ormas-anti-pancasila-dari-indonesia-XPAFWSmFg1.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku telah membubarkan organisasi massa (ormas) yang mendeklarasikan anti terhadap Pancasila.

Saat dikonfirmasi, Tjahjo mengatakan, saat ini kementeriannya telah bekerjasama dengan Polri, Kejaksaan Agung dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mengantipasi dan mengamati pergerakan dari ormas anti Pancasila tersebut.

"Kapolri dengan Jaksa Agung kemarin saya sudah ketemu, dan beliau dengan Kepala BIN sudah menghadap kepada Pak Presiden Joko Widodo (Jokowi), tentunya akan ada langkah-langkah secara cepat untuk menyelesaikan," ujar Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Mantan anggota Komisi I DPR tersebut menambahkan, pemerintah tidak akan segan-segan mengusir ormas tersebut dari Indonesia. Pasalnya jika dibiarkan organisasi tersebut akan semakin berkembang dan membahayakan kedaulatan serta ideologi NKRI.

"Jika seandainya tetap ada ormas yang lantang dan menantang saya anti Pancasila, silakan pergi dari Indonesia," tegasnya.

Saat disinggung berapa ormas anti Pancasila yang ada Indonesia, Tjahjo mendadak enggan untuk mengungkapkannya. Dia berdalih hal tersebut bukan kewenangannya, melainkan Kejaksaan Agung.

"Itu bukan kewenangan saya, itu kewenangan Kejaksaan Agung kalau memang ada ormas beraliran sesat," pungkasnya.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo mengaku telah membubarkan organisasi massa atau ormas besar yang secara terang-terangan mendeklarasikan anti Pancasila.

Tjahjo berpesan agar seluruh pemerintah daerah meningkatkan koordinasi dengan TNI dan Polri. Karena dua lembaga hukum teresebut dinilai menguasai daerah setiap daerah. Sehingga jika ada ormas anti Pancasila bisa langsung ditangkap.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini