nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Kekerasan Seksual, Pemerintah Siapkan Opsi Selain Hukuman Kebiri

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2016 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 10 337 1384705 kasus-kekerasan-seksual-pemerintah-siapkan-opsi-selain-hukuman-kebiri-iYGBXBUzZD.jpg Mensos Khofifah Indar Parawansa

JAKARTA - Hingga saat ini, pemerintah masih terus menggodok mekanisme peraturan pemerintah penganti undang-undang (Perppu) kebiri bagi mereka yang melakukan kejahatan seksual terhadap anak.

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sesuai dalam apa yang diputuskan dalam rapat terbatas, ada dua opsi. Pertama, perberat hukuman pelaku, kedua, diberikan hukuman seumur hidup.

Namun, hukuman kebiri tetap menjadi konsen utama pemerintah. "Masih dibuka opsi untuk hukuman kebiri. Jadi, masih fokus ke dua opsi tersebut. Nanti hal ini diteruskan ke Seskab (Pramono Anung-red) untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden Joko Widodo," ujar Khofifah di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

(Baca Juga: Jokowi Minta Menko Kebut Pembahasan Perppu Hukuman Kebiri)

Selain itu, dalam keputusan rapat tersebut juga menyiapkan opsi pemeberian sanksi sosial kepada pelaku kekerasan seksual anak dengan berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk mempublikasi foto-foto pelaku ke publik.

"Itu dipakai di banyak negara dan memberikan efek jera," katanya.

Dari segala opsi tersebut, Khofifah mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan perlu adanya hukuman kebiri bagi para pelaku mengingat situasi kejahatan seksual anak sudah dalam tingkat kegentingan.

"Perppu salah satu solusinya," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini