Share

Berikut Pernyataan Lengkap Jokowi soal Bebasnya 10 WNI

Qur'anul Hidayat, Okezone · Minggu 01 Mei 2016 22:56 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 01 337 1377639 berikut-pernyataan-lengkap-jokowi-soal-bebasnya-10-wni-gXPtQHbolk.jpg

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucap syukur saat mengumumkan bebasnya 10 anak buah kapal (ABK) berkewarganeraan Indonesia yang disandera oleh kelompok militan Abu Sayyaf sejak 26 Maret 2016.

"Alhamdulillah, puji syukur kepada Alloh SWT," kata Jokowi saat menggelar konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (1/5/2016).

Jokowi lalu menyebutkan bahwa para korban tersebut akan tiba di Jakarta pada tengah malam hari ini dari Zamboanga.

"10 WNI dalam keadaan baik dan kondisi akan segera dipulangkan ke Indonesia dan perlu saya sampaikan banyak sekali pihak yang telah bekerjasama dalam pembebasan 10 WNI ini," ungkap Jokowi.

Dia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam misi pembebasan ini. Ucapan terima kasih itu utamanya disampaikan Jokowi kepada pemerintah Filipina.

Namun tugas pemerintah belum selesai karena masih ada empat orang WNI lainnya yang masih disandera, mereka adalah ABK kapal tunda TB Henry. Jokowi pun berjanji akan mengerahkan kekuatan untuk membebaskan keempat WNI tersebut.

(Baca juga: Presiden Umumkan Bebasnya 10 WNI Sandera Abu Sayyaf).

"Dan saat ini kita masih terus bekerja keras untuk pembebasan empat ABK yang lainnya," tegasnya.

Di samping upaya pembebasan sandera, isu lain yang perlu mendapatkan perhatian menurut Jokowi adalah soal keamanan di perairan perbatasan dan wilayah sekitarnya.

"Oleh karena itu akan diadakan pertemuan pada 5 Mei ini antara Indonesia, Malaysia dan Filipina, yang bertemu adalah Menteri Luar Negeri dan Panglima dari Malaysia, Filipina dan Indonesia," tutup Jokowi. (day)

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini