Harta Dibekukan, Hartawan Aluwi Ajukan Gugatan

Dara Purnama, Okezone · Selasa 26 April 2016 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 26 337 1373177 harta-dibekukan-hartawan-aluwi-ajukan-gugatan-nHHdt62CPh.jpg foto: Dok Okezone

JAKARTA - Wakil Direktur Tindak Pidana Khusus (Wadir Tipidekses) Bareksrim Mabes Polri, Kombes Agung Setya mengatakan, terpidana kasus penipuan dan penggelapan dana nasabah Bank Century, Hartawan Aluwi melakukan gugatan terhadap penegak hukum. Gugatan itu terkait pembekuan uang sebesar USD2,6 juta yang disimpan di Hong Kong.

"Dia mengajukan keberatan, melakukan perlawanan saat asetnya dibekukan di sana (Hong Kong)," kata Agung saat dihubungi, Selasa (26/4/2016).

 (Baca juga: KPK Didesak Ungkap Tersangka Baru Korupsi Century)

Sementara itu, untuk pengembalian uang milik nasabah akan ditempuh jalur mutual legal assistance (MLA). Pasalnya, Hartawan sendiri mengajukan gugatan ke pengadilan di Hong Kong. Sehingga akan dilakukan kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM.

"Kita akan kerjasama dengan Kemenkumham sebagai central authority," jelas Agung.

Hartawan merupakan Komisaris PT Antaboga Delta Sekuritas Indonesia ini meninggalkan Indonesia sejak 2008. Pada 28 Juli 2015 dia divonis hukuman penjara 14 tahun atas kasus penipuan dan penggelapan uang nasabah Bank Century. Hartawan ditangkap oleh otoritas Singapura karena permanet residentnya habis dan dipulangkan ke Indonesia.

 

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini