KPK Didesak Ungkap Tersangka Baru Korupsi Century

Bayu Septianto, Okezone · Minggu 24 April 2016 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 24 337 1371236 kpk-didesak-ungkap-tersangka-baru-korupsi-century-sOHD0EqBd0.jpg

JAKARTA - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi bailout Bank Century.

Desakan ini menyusul KPK yang telah menerima salinan putusan inchracht dari Mahkamah Agung (MA) terkait putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, terhadap mantan Deputi Bank Indonesia yang divonis 10 tahun penjara.

"Dalam kasus Century, KPK seharusnya segera menetapkan tersangka baru pasca-putusan MA," ujar Manajer Advokasi-Investigasi FITRA, Apung Widadi, di Kantor FITRA, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (24/4/2016).

Ia mengatakan, masih banyak aktor dalam kasus Bank Century yang belum diproses hukum. Menurutnya kasus Bank Century ini terlihat adanya kejahatan ekonomi berupa korupsi yang sistemik dan terbukti merugikan keuangan negara.

Apung menilai seringnya KPK mendapatkan kriminalisasi, membuat upaya proses hukum terhadap kasus Century dan juga korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) menjadi kerap tersendat.

(Baca juga: Susahnya Interpol Mengendus Jejak Koruptor di Luar Negeri)

"Dampak kriminalisasi terhadap KPK sangat besar, yaitu kasus BLBI dan Century terancam dimatikan," tukas Apung.

Presiden Joko Widodo, tegas Apung jangan tinggal diam menyikapi kasus megaskandal korupsi ini. Presiden Jokowi harus memperkuat KPK sebagai satu-satunya institusi yang kredibel dalam menyelesaikan korupsi Century dan BLBI.

"Presiden harus bertanggungjawab jika kasus BLBI dan Century lenyap dan terjadi kebangkrutan negara," pungkas Apung.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini