nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Kriteria Ini Bisa Jadi Alasan Jokowi Lakukan Reshuffle

Reni Lestari, Jurnalis · Sabtu 02 April 2016 15:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 02 337 1352238 tiga-kriteria-ini-bisa-jadi-alasan-jokowi-lakukan-reshuffle-ZS3xO17DjI.jpg Kabinet Kerja (Foto: Okezone)

JAKARTA - Isu perombakan kabinet atau reshuffle kembali mengemuka setelah sempat tenggelam. Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus mempertimbangkan beberapa hal terkait reshuffle.

Ada setidaknya tiga kriteria atau patokan yang bisa digunakan Presiden Jokowi guna mencopot menteri-menterinya.

"Pertama kinerja. Kalau kinerja enggak fokus, tidak jelas dalam mengimplementasikan nawacita, copot saja," kata Syamsuddin dalam diskusi bertajuk "Cukupkah Hanya Reshuffle" di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/4/2016).

Faktor kedua yakni kerjasama dan loyalitas. Untuk bisa membangun pemerintahan yang kuat, diperlukan sinergi yang tinggi.

Syamsuddin menyarankan, agar menteri yang gemar membuat gaduh dan tak mampu bekerjasama, dicopot dari jabatannya.

Faktor terakhir adalah soal integritas sebagai pejabat publik. "Kalau pejabat tersebut diragukan, minta dilayani, memanfaatkan jabatan untuk sesuatu yang bertentangan dengan revolusi mental," imbuh Syamsuddin.

Ia pun mengatakan, jika Jokowi hendak mengganti salah satu menteri, semestinya tidak harus bertolak pada jatah kursi parpol di kabinet. Meskipun parpol memiliki kepentingan dan telah mendukung pemerintahannya, tetapi Syamsuddin melihat tidak ada kesepakatan politik apapun antara Jokowi dengan sejumlah partai pendukungnya. Hal ini tak seperti yang terjadi pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di mana ada kesepakatan politik tertulis dengan partai pendukung.

"Itu bukan sesuatu yang mengikat. Tidak ada kesepakatan politik Jokowi untuk tunduk pada parpol, PDI P harus sekian (kursi di kabinet), Nasdem harus sekian," pungkasnya.

 

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini