Program Transmigrasi Indonesia Dipelajari Jepang

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 11 Maret 2016 21:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 11 337 1333786 program-transmigrasi-indonesia-dipelajari-jepang-rOV1FFTs24.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Pemerintah saat ini fokus membangun kawasan transmigrasi. Bahkan program transmigrasi Indonesia dipelajari oleh negara lain, salah satunya Jepang.

Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi mengatakan, saat ini Jepang sedang giat meningkatkan aliran orang dari kota besar ke kota kecil dan membuka peluang pekerjaan di kota kecil.

Menurutnya, pemerintah melakukan penjajakan kerjasama dengan Vice Minister for International Affairs Japan Hiromichi Matsushima dalam menangkal arus urbanisasi.

"Untuk itu Jepang mengembangkan “Sixth industrialization” agar pembangunan di kota kecil dapat dipercepat melalui new inisiative. Istilah ini mengacu pada integrasi vertikal industri primer, sekunder, dan tersier," ujar Anwar dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Anwar menambahkan, Indonesia-Jepang sepakat membangun kerjasama terkait ketahanan pangan khususnya di pedesaan.

"Tujuan kerjasama ini adalah agar terjadi peningkatan pendapatan petani di pedesaan, sehingga masyarakat desa tidak banyak yang melakukan perpindahan ke kota," tandasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini