nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Khofifah: Pasang Foto Pelaku Cabul!

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2016 17:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 03 337 1326982 menteri-khofifah-pasang-foto-pelaku-cabul-uuUkxpoVHl.jpg Menteri Sosial, Khofifah (foto: Okezone)

DEPOK - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa tetap pada opsi memberikan sanksi bagi predator dan pedofilia yang mengincar anak-anak sebagai sasaran tindakan pelecehan. Selain proses kebiri sebagai opsi, sanksi sosial menurutnya harus diterapkan.

"Hukuman bagi predator dan pedofil dengan proses kebiri, kita melihat bagaimana pro kontra berjalan, banyak yang menyesali kasus terjadi," kata Khofifah di Pondok Pesantren Al Hikam, Beji, Depok, Kamis (3/3/2016).

Opsi lainnya, kata dia, guna memberikan efek jera diantaranya adalah sanksi sosial. Caranya dengan menempelkan poster wajah pelaku dimanapun.

"Di negara lain juga social punishment diberlakukan, ada juga yang kebiri. Kalau wajah pelaku dipublish, wajah terpampang dimana-mana ini loh predator pelaku pencabulan. Format ini disiapkan agar tak ada lagi korban muncul. Jadi pelaku menahan diri," katanya.

Ia menjelaskan, bahwa perlindungan anak di negeri ini wajib oleh siapapun.

Ia mendorong setiap pemerintah daerah untuk membentuk satgas perlindungan anak hingga tingkat RT dan RW.

"Sebetulnya Mei tahun lalu, Mendagri kirim surat ke Bupati, Wali kota supaya disiapkan satgas perlindungan anak, atau satgas perlindungan sosial karena kasusnya tak hanya anak tapi ada KDRT juga. Tapi berapa daerah yang siap menindaklanjuti surat Mendagri itu. Meskinya setiap RT ada satgas agar ada quick respond," paparnya.

Menurutnya, opsi kebiri juga merupakan pilihan final untuk memberikan efek jera.

"Kebiri itu berikan zat kimia masa berlakunya 12-20 tahun tak permanen. Ada efek jera, diharapkan insaf sehingga saat kembalinya fungsi libido nanti bahwa saraf mereka tak dimatikan sama sekali, bisa juga social punishment," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini