Jaga Kedaulatan dengan Transmigrasi

ant, · Jum'at 19 Februari 2016 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 19 337 1316664 jaga-kedaulatan-dengan-transmigrasi-eHaFZ0HdN6.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Marwan Jafar mengatakan program transmigrasi berperan penting dalam menjaga kedaulatan bangsa.

"Terutama program transmigrasi ke daerah perbatasan," ujar Mendes di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Pada 2016, lanjut dia, pihaknya melakukan transmigrasi di wilayah perbatasan Kalimantan. Pihaknya menargetkan sedikit dua juta hektare untuk kawasan transmigrasi di Kalimantan.

"Untuk tahun berikutnya, kita fokuskan di Papua atau NTT dan daerah-daerah perbatasan lainnya," jelas dia.

Kemendes PDTT telah melakukan sinergitas program dengan kementerian atau lembaga negara serta pemerintah daerah setempat.

"Alhamdulillah komunikasi kita sangat baik dan kondusif dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Agraria. Kami sepakat mana tanah yang di lepaskan mana yang tidak di lepaskan," tutur dia.

Selain akan menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, transmigrasi secara terpadu juga akan menyerap tenaga kerja baru dan memanfaatkan lahan-lahan yang kurang produktif serta bisa melahiran kawasan-kawasan kota terpadu. "Ini luar biasa, ini karya sejarah sepanjang Republik ini berdiri," cetus dia.

Kemendes PDTT mengharapkan dana untuk transmigrasi semakin meningkat mengingat pentingnya program tersebut. "Untuk sementara, karena dananya yang minim maka kita dorong dengan transmigrasi lokal, namanya Desa Pugar," tukas dia.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini