nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Surat Presiden soal Revisi UU KPK Telah Dikeluarkan

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2016 14:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 19 337 1316388 surat-presiden-soal-revisi-uu-kpk-telah-dikeluarkan-d8WxRs5hNB.jpg Presiden Joko Widodo

JAKARTA - Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menuai polemik lantaran ada yang setuju dan ada yang menganggap revisi tersebut justru akan melemahkan kewenangan lembaga antirasuah itu.

Beberapa pihak yang kontra menginginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menarik diri dari pembahasan tersebut.

Terkait polemik itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemananan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Presiden Jokowi telah setuju dengan revisi UU KPK. Presiden sudah mengirim surat presiden (supres) ke DPR untuk melakukan pembahasan lebih lanjut.

"Presiden sudah menyampaikan. Jadi, (supres) sudah dikirim ke DPR," ujar Luhut di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (19/2/2016).

Namun, Luhut mengatakan tidak ingat kapan Presiden Jokowi menandatangani supres tersebut. Namun yang jelas saat ini surat itu telah ada di DPR. "Saya enggak tahu tanggalnya. Tapi, sudah," katanya.

Saat disinggung terkait tiga fraksi, yakni Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Fraksi Partai Demokrat yang menyatakan menolak revisi tersebut, dirinya menyatakan belum mengetahui pergejolakan yang ada di DPR.

Tetapi, ia menegaskan empat poin yang diajukan oleh pemeritah bukan untuk melemahkan kewenangan dari lembaga yang diketuai oleh Agus Rahardjo itu. "Tapi kalau dari pemerintah sendiri posisinya jelas, tidak ada niat sama sekali untuk memperlemah, malah memperkuat," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini