Share

KPK Terus Dalami Kasus Wawan

Salsabila Qurrataa'yun, Okezone · Senin 15 Februari 2016 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 15 337 1312230 kpk-terus-dalami-kasus-wawan-Euu8P4QRrP.jpg

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini kembali memanggil saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tindak pidana pencucian uang (TTPU) untuk tersangka Tubagus Chaeri Wardana (TCW) atau Wawan. KPK kali ini memanggil notaris, Muhammad Marzen dan mantan pegawai PT Balipacific Pragama, Budi Nurdin.

โ€œMereka akan dipanggil untuk memberikan kesaksian kasus TPPU TCW,โ€ tutur Plh Kepala Bito Humas KPK, Yuyuk Andrianti di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Senin (15/2/2016).

Sebelumnya, KPK menetapkan Wawan sebagai tersangka pencucian uang setelah melakukan pengembangan penyidikan dalam kasus dugaan korupsi seperti, dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Tangerang Selatan, serta suap sengketa Pilkada di Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi (MK).

Terkait pencucian uang Wawan, penyidik KPK telah menyita lebih dari 80 unit kendaraan miliknya. Mulai dari mobil-mobil mewah seperti Ferrari dan Lamborghini, hingga truk-truk pengaduk semen.

Bahkan, sejumlah artis yang diduga ikut menikmati aliran dana dari Wawan pernah diperiksa KPK, seperti Jennifer Dunn, Catherine Wilson serta Rebecca.

Wawan disangka KPK melakukan tindak pidana pencucian uang karena diduga melanggar Pasal 3 dan atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Suami dari Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu, juga diduga melanggar Pasal 3 ayat (1) dan atau Pasal 6 ayat (1) Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 sebagaimana telah diubah pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini