Super Tucano Jatuh, DPR: Makanya Gunakan Pesawat Dalam Negeri

Qur'anul Hidayat, Okezone · Rabu 10 Februari 2016 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 337 1308640 super-tucano-jatuh-dpr-makanya-gunakan-pesawat-dalam-negeri-NYmNq8sMxn.jpg Foto: MNC Media

JAKARTA - Sebuah pesawat latih milik TNI AU jenis Super Tucano buatan Brazil jatuh di sebuah rumah di Jalan LA Sucipto, Blimbing, Malang, Jawa Timur. Pesawat ini dibeli Indonesia pada tahun 2012.

Anggota Komisi I DPR RI Tamliha mengaitkan jatuhnya pesawat itu dengan kurangnya penggunaan produk dalam negeri untuk alat utama sistem pertahanan (Alutsista).

"Itu yang dari Brasil ya, makanya itu sebaiknya pemerintah itu lebih mengedepankan industri strategis dalam negeri," kata Tamliha di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu lantas meminta Menteri BUMN Rini Soemarno untuk mendukung segala yang dibutuhkan PT Dirgantara Indonesia lewat penyertaan modal negara (PMN).

"Agar industri tersebut bisa bekembang dengan baik dan itu menunjukkan kita berdulat secara militer," sebutnya.

Terlebih, Tamliha menganggap, penggunaan pesawat luar negeri akan menyulitkan Indonesia dalam hal perawatan.

"Untuk bisa ke Brasil sana hampir 30 jam, bagaimana kalau indent sparepart. Kalau industri dalam negeri, enggak tergantung asing," sebutnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini