nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kinerja KPI Buruk, Ini Faktor-Faktornya

Jum'at 05 Februari 2016 15:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 02 05 337 1305687 kinerja-kpi-buruk-ini-faktor-faktornya-xbIke9MukH.jpg

JAKARTA – Pusat Studi Media dan Komunikasi Remotivi, dalam catatan akhir tahunnya mengungkap tiga hal yang membuat kinerja Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melemah. Hal itu seperti yang diungkapkan Direktur Remotivi, Muhammad Heychael, pada diskusi bertajuk Perlindungan Anak dalam Regulasi Penyiaran di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, baru-baru ini.

Faktor pertama adalah tidak maksimalnya pengawasan konten penyiaran. KPI dianggap tidak bekerja maksimal dalam mengawasi konten-konten penyiaran yang menjadi konsumsi publik.

Faktor kedua adalah buruknya respons KPI atas aduan publik terkait konten televisi. KPI tidak bergerak cepat dalam menangani aduan masyarakat dalam hal tontonan.

Terakhir, KPI gagal menyusun Pedoman Perilaku dan Penyiaran Standar Program Siaran (P3SPS) yang berpihak kepada publik.

“Indikasi lemahnya kinerja pengawasan konten televisi yang dilakukan KPI bisa dilihat dari pola sanksi yang dikeluarkan. Fakta ini menunjukkan lemahnya komitmen KPI terhadap perlindungan publik,” kata Heychael.

Sekadar diketahui, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Remotivi, pada 2015 menunjukkan sebanyak 94 persen koresponden tidak puas dengan kinerja KPI pada periode 2013-2016.

(erh.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini