nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi I Sebut KPI Tak Punya Dasar Aturan Uji Publik

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2016 14:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 05 337 1305626 komisi-i-sebut-kpi-tak-punya-dasar-aturan-uji-publik-9QNVnX1y9J.jpg foto: ilustrasi Okezone

JAKARTA – Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Siddiq, menegaskan uji publik yang dilakukan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak diatur oleh UU Nomor 32/2002 tentang Penyiaran maupun dalam peraturan KPI.

“Komisi I DPR dan pemerintah sepakat untuk menyelesaikan proses perpanjangan IPP (izin penyelenggaraan penyiaran) sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Mahfudz beberapa waktu lalu.

Mahfudz menjelaskan, Komisi I telah menanyakan landasan hukum dari uji publik kepada sekretariat KPI. Namun, sekretariat KPI mengatakan tidak ada satu pun peraturan KPI yang menjelaskan tentang uji publik.

Tentu hal ini memperjelas bahwa KPI tidak perlu melakukan uji publik sebagai syarat perpanjangan izin televisi.

"Kalau menurut saya, ‘kembali ke laptop’ saja. Maksudnya kembali ke undang-undang, tidak usah berijtihad macam-macam, tapi malah blunder di ujungnya. Jangan sampai uji publik tidak sesuai undang-undang. KPI tidak punya aturan melakukan uji publik. Itu bisa jadi celah bagi pemohon mengajukan gugatan. Kan rusak semua prosesnya," kata Mahfudz baru-baru ini.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini