Rasa Sayang Soeharto kepada Indonesia

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Rabu 27 Januari 2016 07:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 27 337 1298039 rasa-sayang-soeharto-kepada-indonesia-df4nnIvXTY.jpg foto: ilustrasi Okezone

JAKARTA – Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto, dikenal sebagai sosok yang tegas, berani, dan disegani, baik oleh lawan maupun kawan politik. Itulah salah satu alasan pria berjudul jenderal murah senyum tersebut dapat memimpin negeri ini 32 tahun lamanya.

Meski Soeharto dikenal sebagai sosok yang pemberani dan tegas, bukan berarti tidak ada sisi lainnya yang bisa digali dari Soeharto. Melalui buku Pak Harto Untold Stories, banyak tokoh berkisah mengenai sisi humanis ayah Tommy Soeharto itu. Seperti yang diceritakan mantan Panglima TNI, Djoko Santoso.

Dalam berita yang pernah dimuat di Okezone, Santoso pernah berujar bahwa Soeharto adalah sosok yang sabar. Sosok ayah yang sangat sayang terhadap anak-anaknya.

Soeharto wafat pada 27 Januari 2008. Ia mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan. Hari ini, Rabu (27/1/2016), sudah delapan tahun ia meninggal.

Namun jasa-jasanya tak pernah dilupakan. Termasuk ketika mengajak putra terbaik Indonesia, BJ Habibie, untuk pulang dari Jerman ke Tanah Air.

Ia merangkul orang Makassar tersebut agar turut membantu pembangunan Indonesia, yakni mendirikan industri dirgantara. Itulah rasa sayang presiden tersebut terhadap Indonesia.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini