Transmigrasi Sejahterakan Masyarakat di Daerah Tertinggal

ant, · Selasa 26 Januari 2016 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 26 337 1297641 transmigrasi-sejahterakan-masyarakat-di-daerah-tertinggal-6bWlpqnJNa.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar mengatakan program transmigrasi dapat meningkatkan perekonomian di daerah tertinggal.

"Ada banyak potensi ekonomi yang ditemukan di daerah-daerah tertinggal. Baik potensi di bidang perkebunan atau bidang pertanian, sangat disayangkan kalau potensi ini dibiarkan begitu saja," ujar Marwan di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Dia telah membuat indeks promosi transmigrasi untuk daerah perbatasan. Hal tersebut dilakukan, untuk mengeluarkan daerah tersebut dari kata tertinggal dan menjadi kawasan yang bernilai ekonomi tinggi.

"Terdapat 41 Kabupaten yang berada di daerah perbatasan. Untuk itu, kita telah melakukan promosi agar masyarakat bertransmigrasi ke daerah-daerah tersebut, agar keluar dari ketertinggalan," jelas dia.

Selain dapat mengembangkan potensi sumber daya alam di daerah perbatasan, lanjut dia, transmigran juga dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat lainnya. Jika daerah perbatasan sudah berkembang, hal ini dapat menarik perhatian para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri untuk kembali ke Tanah Air.

"Dengan adanya kawasan transmigrasi di perbatasan, peluang untuk meningkatkan ekonomi perbatasan semakin tinggi, peluang kerja masyarakat juga akan meningkat. Tentunya ini akan menarik perhatian masyarakat kita yang bekerja di luar negeri untuk kembali ke Negara kita," terang dia.

Dia juga menambahkan semangat untuk mengembangkan daerah perbatasan melalui program transmigrasi tidak pernah surut. Meski anggaran transmigrasi tergolong minim, Menteri Marwan tetap berkomitmen untuk memperjuangkan program tersebut.

"Dalam 15 tahun terakhir, anggaran untuk transmigrasi ini tidak pernah naik bahkan turun. Tapi saya akan tetap berkomitmen untuk program ini. Dalam waktu dekat kita akan melakukan rapat dengan DPR untuk membicarakan lagi tentang program-program yang bersentuhan dengan transmigrasi. Capaian transmigrasi harus lebih tinggi,"pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini