Ingin Jadi Negara Maju, Habibie Sarankan Indonesia Contoh Jerman

ant, · Minggu 24 Januari 2016 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 24 337 1295778 ingin-jadi-negara-maju-habibie-sarankan-indonesia-contoh-jerman-EzU9wZlhkf.jpg Presiden ketiga RI BJ Habibie. (dok.Okezone)

JAKARTA - Presiden ketiga RI BJ Habibie mengatakan Jerman tetap berdiri tegak karena tidak bergantung kepada harga komoditas, melainkan mengandalkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, jika ingin menjadi negara maju, Indonesia harus mencontoh Jerman.

Ia juga mengingatkan pemerintah agar lebih meningkatkan kualitas dan kemampuan anak bangsa ketimbang hanya mengandalkan sumber daya alam.

Menurut Habibie, masa depan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas sunber daya manusianya, bukan dari sumber daya alam yang cenderung fluktuatif nilainya.

"Saya berkeyakinan masa depan suatu bangsa di manapun dia berada harus diandalkan pada sumber daya manusianya," ujarnya ketika menghadiri Rapimnas Partai Golkar 2016.

Habibie menuturkan, sumber daya manusia yang diperlukan suatu bangsa adalah sumber daya manusia yang efisien, serta memahami dan memiliki nilai-nilai luhur yang mencerminkan budaya dan agamanya masing masing. "Sejarah telah membuktikan bahwa sumber daya manusia itu lah kuncinya," ucapnya.

Dia mencontohkan, saat ini negara-negara Timur Tengah mengalami kesusahan karena fluktuasi harga minyak. Meskipun rencana-rencana hebat telah dipersiapkan secara baik-baik dengan membayar mahal konsultan, tapi negara-negara di sana tetap mengalami kesulitan karena 90 persen anggarannya ditujukan pada pengelolaan sumber daya minyak.

Itu berbeda dengan Jerman. Jerman tidak tergantung pada sumber daya alam, mereka lebih fokus membangun sumber daya manusia agar tetap menjadi negara maju.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini