nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Sebut Uji Publik KPI Sia-Sia

Khafid Mardiyansyah, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2016 11:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 22 337 1294428 dpr-sebut-uji-publik-kpi-sia-sia-OYrB1yCLtZ.jpg Komisi Penyiaran Indonesia (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Wacana Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk uji publik perpanjangan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) induk televisi berjaringan dinilai sia-sia.

Hal tersebut diungkapkan Komisi 1 DPR RI Evita Nursanty. Ia mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan KPI untuk uji publik adalah hal yang sia-sia, mengingat KPI sebenarnya telah melakukan fungsi pengawasan terhadap lembaga pertelevisian setiap tahunnya.

"Di KPI sendiri kan ada kolom pengaduan, ada call center pengaduan, itu sudah mewaliki masukan dan rekomendasi masyarakat soal lembaga pertelevisian," ungkap Evita saat diwawancara Okezone, Jumat (22/1/2016).

KPI, dalam hal evaluasi sesuai dengan Undang-Undang nomor 32 Tahun 2002 hanya sebatas memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai fungsi pengawasan.

"KPI sebagai lembaga pengawasan, misal memberikan syarat kepada pihak pertelevisian swasta sebelum perpanjangan izin kepada Kemenkominfo, lalu uji publik itu evaluasi seperti apa lagi?," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini