DPR Tantang Kejagung Usut Keterlibatan Keluarga JK

Bayu Septianto, Okezone · Selasa 19 Januari 2016 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 19 337 1292053 dpr-tantang-kejagung-usut-keterlibatan-keluarga-jk-UMnHkSNCeS.jpg Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK)

JAKARTA - Kejaksaan Agung didesak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mencermati betul ada tidaknya pemufakatan jahat, dalam perbincangan perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia antara mantan Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha Riza Chalid, dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia yang baru saja mengundurkan diri Maroef Sjamsoedin.

Dalam rapat dengar pendapat antara Komisi III DPR dengan Kejagung, DPR bahkan juga mendesak lembaga penegakan hukum yang dipimpin Muhammad Prasetyo ini terkait adanya keterlibatan keluarga Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kasus itu.

"Konon keluarga Wakil Presiden terlibat dalam kasus ini, harus dibuka apa betul itu," jelas Wakil Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/1/2016).

Benny menegaskan, Jaksa Agung harus menjelaskan itu semua kepada anggota dewan guna membuktikan apakah Kejagung dalam menyelidiki kasus ini ada kepentingan politik atau tidak.

"Bagi kami, Komisi III DPR penting kasus ini diselesaikan dan dibuktikan tidak ada kepentingan politik," tegas Benny.

Menanggapi desakan itu, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo menampik bila dirinya mendapatkan intervensi kepentingan politik dalam menyelidiki kasus ini. Dugaan ini didasari karena Prasetyo yang merupakan kader dari Partai Nasional Demokrat, yang notabene merupakan partai pendukung pemerintah.

"Sama sekali tidak ada unsur poltiis. Saya sudah non partisan. Itu saya tegaskan," bantah Prasetyo.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini