Dilantik dalam Kondisi Sulit, Kridibilitas Akom Diuji

Syamsul Anwar Khoemaeni, Okezone · Selasa 12 Januari 2016 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 12 337 1285872 dilantik-dalam-kondisi-sulit-kridibilitas-akom-diuji-baIHFAUnuQ.jpg Pelantikan Ade Komarudin sebagai Ketua DPR (Foto: Antara)

JAKARTA - Ade Komarudin resmi dilantik menjadi Ketua DPR menggantikan Setya Novanto, pada Senin 11 Januari 2016. Atas penunjukkan tersebut, pengamat politik AS Hikam menilai politikus Partai Golkar yang akrab disapa Akom itu memiliki kapasitas memimpin parlemen.

"Saya kira (Akom) dari segi pengalaman sudah cukup lama di politik. Kan sudah di sana sejak 1997. Tidak kalah dengan senior yang lain termasuk dengan Setnov," ujar Hikam kepada Okezone, Selasa (12/1/2016).

Meski demikian, Hikam mengingatkan memimpin DPR tidak hanya membutuhkan pengalaman. Terlebih saat ini institusi dewan tengah dalam sorotan publik. "Tapi kan bukan sekedar pengalaman. Legitimasi masih banyak yang mempertanyakan, misal kubu Agung tidak mau terima," imbuhnya.

Sebab itu, Akom dituntut untuk membuktikan kredibilitasnya dalam memimpin legislatif. Hikam menyebut, tantangan lain yang perlu diatasi ialah agar DPR kembali dipercaya oleh publik.

"Bukan pembuktian itu saja, dia (Akom) dipilih bukan dalam situasi yang kondusif. Ketua DPR dianggap tidak legitimate dari fraksi, ini artinya kepemimpinannya itu dipertanyakan. Padahal normal saja tidak dipercaya. Nantinya keabsahan legitimasi masyarakat makin kecil," tukasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini