MER-C Juga Berencana Bangun RS di Tepi Barat Palestina

Reni Lestari, Okezone · Sabtu 09 Januari 2016 23:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 09 337 1284522 mer-c-juga-berencana-bangun-rs-di-tepi-barat-palestina-9iBXe5tAko.jpg Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina

JAKARTA Rumah Sakit Indonesia di Gaza telah resmi diserahkan dari masyarakat Indonesia ke masyarakat Palestina. Pembangunan rumah sakit yang menghabiskan biaya Rp126 miliar ini diiniasi oleh lembaga medis kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia.

Meski baru diserahkan secara simbolis, Sabtu (9/1/2016) namun secara operasional RS Indonesia sudah melayani warga Palestina sejak Desember 2015 lalu.

Juru bicara MER-C, Jose Rizal mengatakan pihaknya akan kembali membangun rumah sakit serupa di wilayah Tepi Barat Palestina. Pembangunan rumah sakit ini menurutnya sebagai dukungan bagi kemerdekaan Palestina.

“Kita akan mengkaji suatu hubungan jangka panjang yaitu politik MER-C untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Kita juga berikutnya akan berusaha untuk mengembangkan lagi di daerah tepi barat. Ada center of health yang namanya juga RS Indonesia di Palestina,” kata Jose di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Sabtu malam.

Namun, Jose belum bisa memastikan kapan proyek kemanusiaan di Tepi Barat Palestina ini akan dimulai. Ia mengatakan akan terlebih dahulu meninjau lokasi sebelum memulai pembangunannya. “Saya akan datang dulu kesana,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi menyambut baik upaya dari MER-C sebagai langkah untuk mendekatkan masyarakat Indonesia dengan Palestina. Selain itu sebagai gerakan kemanusiaan, RS Indonesia di Gaza akan sangat dibutuhkan oleh warga Palestina yang masih terus dirundung konflik.

“Pemerintah sangat mengapresiasi gerakan hati rakyat yang dilakukan masyarakat Indonesia. Ada dua hal yang sekaligus tercapai dengan pembangunan rumah sakit ini, pertama dari faktor humanitarian, kebutuhan humanitarian, yang pastinya keberadaan RS Indonesia akan sangat bermanfaat bagi rakyat Palestina. Kedua melalui pembangunan ini kita membagun jembatan untuk mendekatkan masyarakat Indonesia dengan Palestina,” kata Retno.

Dengan kehadiran Menteri Kesehatan Palestina Jawad Awad dalam acara penyerahan simbolik tersebut, Retno mengatakan sambutan masyarakat Palestina atas bantuan ini sangat baik.

“Makanya kehadiran Menteri Kesehatan Palestina menunjukan betapa senangnya atau apresiasi dari pemerintah setempat karena oleh apa yang dilakukan MER-C untuk membangun rumah sakit tersebut,”ujarnya.

Hadir pula dalam acara ini Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan serta Duta Besar Palestina untuk Indonesia Faris Mehdawi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini