Share

Menpan-RB: Evaluasi Kinerja untuk Kementerian, Bukan Menterinya

Angkasa Yudhistira, Okezone · Rabu 06 Januari 2016 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 06 337 1282184 menpan-rb-evaluasi-kinerja-untuk-kementerian-bukan-menterinya-bjz32vwCjW.jpg Menpan RB Yuddy Chrisnandi (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menjelaskan bahwa apa yang telah dilakukan jajarannya dengan melakukan evaluasi kinerja bukan pada menteri, melainkan untuk institusi kementerian.

"Oleh karena itu, perhatikan dengan baik, nomenklatur dari pelaksana tugas kementerian itu namanya laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, bukan kinerja menteri, karena kalau kinerja menteri yang menilainya langsung Bapak Presiden," ujar Yuddy di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Ia mengakui bahwa penilaian terhadap menteri merupakan hak prerogatif seorang presiden. Karena itu, Yuddy tidak ingin evaluasi kementerian ini dikaitkan dengan reshuffle kabinet.

"Presiden tidak bisa didesak oleh siapa pun, baik pimpinan partai politik, oleh opini publik oleh para pengamat atau hasil survei, karena sepenuhnya masalah reshuffle adalah hak prerogatif Presiden," kata Yuddy.

Politikus Partai Hanura itu memaparkan bahwa apa yang dilakukan pihaknya berdasarkan kinerja seluruh instansi kementerian, bukan pada sosok menteri yang memang menjadi hak prerogatif presiden.

"Kalau bicara mengenai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, ada landasan konstitusinya, ada tugas yang sebagian diberikan kepada kementerian kami bersama pejabat kementerian lain untuk megukur kinerja setiap kementerian," jelasnya.

Yuddy juga menegaskan bahwa tidak ada satu pimpinan lembaga atau menteri yang protes secara langsung terhadap evaluasi yang dilakukan oleh jajarannya.

Follow Berita Okezone di Google News

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini