Lion Air Harus Ganti Rugi Akibat Pembobolan Bagasi

Feby Novalius, Okezone · Senin 04 Januari 2016 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 04 337 1280677 lion-air-harus-bayar-denda-pembobol-bagasi-penumpang-o2ENbHfz3H.jpg Maskapai Lion Air (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA - Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Muzafar Ismail mengatakan, Maskapai Lion Air harus bertanggung jawab atas kerugian akibat pencurian di bagasi penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Hal tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara. Sesuai Pasal 5 Ayat (1) dalam Permenhub tersebut, jumlah ganti rugi kerusakan yang hilang, rusak atau musnah diberikan minimal Rp200 ribu dan maksimal Rp4 juta.

"Yang bertanggung jawab untuk ini tentunya maskapai terkait. Di mana kerusakan dan hal lainnya terkait pembobolan bagasi, dihitung sesuai kerugian," ujarnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (4/1/2015).

Dia menambahkan, pelayanan keamanan merupakan pakem yang harus diterapkan seluruh maskapai. Sehingga apa pun yang terjadi dengan keamanan penumpang menjadi tanggung jawab maskapai.

"Misalkan bagasi, di mana maskapai harus bertanggung jawab atas hal tersebut, apa pun yang terjadi. Kecuali bagasi kabin, atau barang-barang yang dibawa sendiri oleh penumpang, itu menjadi tanggung jawab pribadi," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini