Share

Budaya Pejabat Mundur dari Jabatan Harus Dilestarikan

Regina Fiardini, Okezone · Senin 04 Januari 2016 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 04 337 1280171 budaya-pejabat-mundur-dari-jabatan-harus-dilestarikan-MSBgyXMJn2.jpg

JAKARTA - Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono menyatakan mundur dari jabatannya lantaran tak bisa bertanggung jawab atas tugas yang diembannya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Yuddy Chrisnadi memastikan bahwa keputusan Djoko mundur dari jabatannya murni atas keinginan yang bersangkutan, bukan karena intervensi dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Saya sempat sidak di Kemehub dan temui Djko Suseno, kemudian saya tanya dia mundur kenapa. Katanya dia mundur karena inisiatifnya dan dia bertanggungjawab atas karut marut kemacetan," kata Yuddy di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2016).

Karut marut kemacetan yang dimaksud Djoko saat itu terjadi pada 23-24 Desember 2015 dimana kemacetan panjang terjadi di sejumlah ruas jalan tol.

Yuddy pun sempat menyayangkan keputusan Dirjen Perhubungan Darat itu, namun pada akhirnya dia menghargai bahwa itu merupakan bentuk tanggung jawabnya. "Seharusnya sih tidak mundur, namun karena dia merasa dengan mundurnya dia membuka tindak lanjut persoalan jadi lebih baik kita kan tidak bisa paksa lagi," ujarnya.

Tidak hanya Djoko, Dirjen Pajak Sigit Priadi Pramudito juga menyatakan mundur karena tak bisa mencapai target. Yuddy menilai, keputusan sejumlah pejabat itu dinilai sebagai satu etika budaya birokrasi yang baik.

"Itu harus kita syukur bahwa pejabat diberi tugas dia lalai, melanggar atau bersalah dia mundur itu suatu positif," ujarnya.

Namun meski demikian, dia tak bisa menerapkan hal serupa untuk meminta bawahannya mundur dari jabatannya jika mereka lalai, baginya itu hak masing-masing orang. "Kita tidak bisa memaksa setiap orang harus mundur. Tapi kalau budaya etika seperti ini diterapkan bagus juga diikuti," tutupnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini