nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terompet Bersampul Alquran Sengaja Didesain untuk Adu Domba Umat

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2015 01:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 12 29 337 1276412 terompet-bersampul-alquran-sengaja-didesain-untuk-mengadu-domba-umat-6v4i6KrAlf.jpg terompet bersampul Alquran beredar di Kendal, Jateng

JAKARTA - Di penghujung akhir tahun 2015, publik dihebohkan dengan beredarnya ratusan terompet yang terbuat dari sampul Alquran di Kendal, Jawa Tengah.

Politisi Partai Gerindra, Sodiq Mudjahid mengatakan, kejadian tersebut jelas bukan suatu hal yang tidak disengaja. Artinya, dia mensinyalir memang ada unsur kesengajaan untuk menciptakan kegaduhan berujung keresahan, sehingga bisa memecahbelah persatuan dan kesatuan umat beragama di Indonesia.

"Ini bagian dari skenario kelompok-kelompok tertentu. Jadi, ini ulah oknum agar pemerintah tidak solid, pemerintah tidak kompak tujuannya untuk membangun ketidakstabilan di masyarakat," ujar Sodiq saat berbincang dengan Okezone, di Jakarta, Senin (28/12/2015) malam.

Sodiq yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini bahkan mensinyalir, peredaran terompet bersampul Alquran tersebut sengaja didesain oleh pihak tertentu agar bisa mengalihkan isu atau situasi terkini di Indonesia.

"Ini kerjaan seperti zaman Orde Baru dulu untuk terus mengadu domba atau memberi PR (pekerjaan rumah-red) kepada umat Islam agar kita sibuk dengan PR-PR kecil tersebut, ini bukan gangguan besar dan tidak besar," katanya.

Karena bisa jadi, lanjut Sodiq, pihak tersebut menginginkan agar masyarakat selalu memerhatikan masalah-masalah yang kecil. Karena, mereka tidak ingin masalah tersebut hanya diabaikan saja oleh publik dengan sibuk mengurusi yang lain.

"Mereka punya agenda sistematis untuk terus memberikan pekerjaan rumah, walaupun pekerjaan rumah kecil, itu seperti lalat dan nyamuk yang mengganggu kita makan atau tidur, biar kecil kan itu menjengkelkan," pungkasnya.

Sekadar informasi, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Nur Ali, mengaku bahwa Polres Kendal telah menemukan ratusan terompet yang terbuat dari sampul Alquran dan dijual melalui minimarket.

Menurut informasi yang diterima Okezone, temuan ini bermula pada Minggu, 27 Desember 2015, pukul 16.00 WIB lalu melalui laporan Kiai Kresno Abrory, seorang Tokoh NU dari Kebondalem, Kota Kendal.

Dari laporannya, sang kiai menyatakan bahwa salah satu minimarket di Kebondalem menjual terompet yang terbuat dari sampul Alquran. Sampul itu berwana hijau bertuliskan Kementerian Agama RI tahun 2013 dan kaligrafi arab bertuliskan lafadz Alquranul Karim.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini