Share

Menhub Cabut Pelarangan Go-Jek Cs

Susi Fatimah, Okezone · Jum'at 18 Desember 2015 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 18 337 1270232 menhub-cabut-pelarangan-go-jek-cs-wgjmPJq6Tt.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Setelah sebelumnya ramai diperbincangkan karena mengeluarkan surat pelarangan operasional Go-Jek Cs, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akhirnya melunak.

Mantan Direktur Kereta Api Indonesia (KAI) itu akhirnya mencabut surat keterangan yang dibuatnya pada 9 November 2015. Dia mengizinkan Go-Jek Cs untuk tetap beroperasi sambil sebagai solusi disaat transportasi publik saat ini belum dapat terpenuhi dengan layak.

"Ojek dan transportasi umum berbasis aplikasi dipersilakan tetap beroperasi sebagai solusi sampai transportasi publik dapat terpenuhi dengan layak," ujar Jonan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/12/2015).

Jonan menjelaskan, alasan dirinya mengeluarkan surat terkait pelarangan Go-Jek Cs karena sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, kendaraan roda dua tidak dimaksudkan untuk angkutan publik.

"Namun realitas di masyarakat menunjukkan adanya kesenjangan yang lebar antara kebutuhan transportasi publik dan kemampuan menyediakan angkutan publik yang layak dan memadai," katanya.

Kesenjangan itulah, sambung Jonan, yang selama ini diisi oleh ojek, dan beberapa waktu terakhir diisi oleh layanan transportasi berbasis aplikasi seperti Go-Jek dan lainnya.

Lebih lanjut Jonan mengatakan, terkait aspek keselamatan di jalan raya yang menjadi perhatian utama pemerintah, Jonan menganjurkan untuk berkonsultasi dengan Korlantas Polri.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini