Sumbangsih Transmigrasi Sangat Nyata bagi Kemajuan Bangsa

ant, · Rabu 09 Desember 2015 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 09 337 1264267 sumbangsih-transmigrasi-sangat-nyata-bagi-kemajuan-bangsa-tShEqn0sJ9.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Marwan Jafar, mengatakan transmigrasi dapat mengatasi berbagai persoalan sosial seperti kemiskinan dan pengangguran.

"Transmigrasi bisa mengatasi berbagai permasalahan sosial dan dapat membuka lapangan pekerjaan serta membangun peradaban baru yang lebih baik. Ini sudah terbukti nyata sehingga harus terus dikembangkan," ujar Menteri Marwan di Jakarta, Rabu, (9/12/2015).

Dia menjelaskan, transmigrasi secara konkrit telah membangun 3.608 satuan permukiman (SP) yang berkembang menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru berupa 1.183 desa definitif, melahirkan 385 ibu kota kecamatan, mendukung terbentuknya ibu kota kabupaten, serta dua ibu kota provinsi.

Transmigrasi juga mampu mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan baru yang mendorong aktivitas sosial ekonomi, dan telah menyerap tenaga kerja hingga 4 juta jiwa.

"Dari program transmigrasi, sudah terbentuk 10.368 wirausaha transmigrasi mandiri yang tergabung dalam 22 Himpunan Wirausaha Transmigrasi (HW-Trans), serta berkembangnya lembaga-lembaga sosial ekonomi dapat lebih mempercepat kesejahteraan masyarakat," jelas dia.

Dengan mengembangkan transmigrasi, maka permasalahan sosial seperti kehidupan kumuh di kota-kota besar akan bisa diatasi. Laju urbanisasi bisa ditekan dan keinginan masyarakat untuk bekerja menjadi TKI ke luar negeri juga berkurang.

Dari sisi infrastruktur, transmigrasi juga secara konkrit mendorong pembangunan infrastruktur permukiman dan kawasan berupa jalan poros penghubung sepanjang 18.432 km, jalan desa 36.685 Km, jembatan 44.200 dan fasilitas umum serta fasilitas sosial sebanyak 57.638 unit untuk membuka keterisolasian wilayah, mempercepat dan mendorong terwujudnya pusat-pusat pertumbuhan baru.

"Banyak sekali catatan transmigrasi yang terbukti mampu mendongkrak kemajuan bangsa kita. Jadi program ini harus ditingkatkan terus, dan harus didukung secara maksimal oleh semua pihak. Jangan memandang transmigrasi sebelah mata,"tutupnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini