Busyro Tak Mau Dinilai Jadi Pencari Kerja Pimpinan KPK

Feri Agus Setyawan, Okezone · Sabtu 05 Desember 2015 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 05 337 1261525 busyro-tak-mau-dinilai-jadi-pencari-kerja-pimpinan-kpk-754joZKyYx.jpg Busyro Muqoddas

JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas memilih untuk tidak menghadiri uji makalah di Komisi III DPR RI yang digelar kemarin. Menurut dia, ketidakhadirannya itu lantaran menyangkut masalah integritas dan takut dipandang sebagai pencari kerja.

"Jika saya datang, rentan dinilai sebagai pemburu kerja (job hunter). KPK harus dikawal jangan dihuni pemburu kerja apalagi dengan agenda yang tidak jelas dalam memberantas korupsi," ujar Busyro saat dikonfirmasi, Sabtu (5/12/2015).

Busyro pun turut mempertanyakan, apakah pemanggilan dirinya untuk mengikuti tes kembali. Padahal, ia sudah mengikuti seluruh proses fit and proper test bersama Robby Arya Brata di Komisi III pada Desember 2014 untuk mengisi satu kursi pimpinan KPK. "Maka jika saya datang, apa artinya dites lagi?" ujarnya.

Seperti diketahui, Komisi III sudah memulai menyeleksi delapan nama Capim KPK dengan terlebih dulu menggelar tes pembuatan makalah. Setelah itu, baru pada 14 dan 15 Desember 2015 mendatang tes wawancara serta fit and proper tes dilakukan. Baru pada 16 Desember 2015 Komisi III memilih delapan nama ditambah dua nama yang sudah lebih dulu ada.

Kesepuluh nama yang akan dipilih Komisi Hukum itu yakni, Saut Situmorang (staf ahli kepala BIN), Surya Chandra (Direktur Trade Union Center dan Dosen Unika), Alexander Marwata (Hakim ad hoc Tipikor), Basaria Panjaitan (Polri), Agus Rahardjo (mantan Kepala LKPP).

Kemudian Sujanarko (Direktur Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja sama Antar Komisi dan Instansi KPK), Johan Budi SP (Pelaksana Tugas Pimpinan KPK) dan Laode Muhammad Syarif (Lektor Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dan Senior Adviser Partnership for Govermance Reform in Indonesia). Serta dua nama yang sudah lebih dulu mengikuti tes di tahun lalu, Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini