nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Advokat Harus Profesional agar Tidak Tergelincir

Rizka Diputra, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2015 23:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 12 03 337 1260657 advokat-harus-profesional-agar-tidak-tergelincir-tFspQnesWt.jpg foto: Dok Okezone

JAKARTA - Sebanyak 32 advokat baru yang tergabung dalam Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) resmi dilantik hari ini. Ketua Umum Peradi, Luhut Pangaribuan, mengingatkan kepada mereka agar bekerja secara profesional sesuai aturan perundang-undangan dalam menegakkan hukum dan keadilan.

"Kalau tidak dilandasi professional responsibility, keadilan, dan kebenaran, maka akan mudah tergelincir ke dalam hal-hal yang tidak baik," ucap Luhut saat acara pelantikan di Gedung LMPP, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2015) malam.

Menurutnya, selain harus bekerja secara profesional demi menegakkan keadilan dan kebenaran, advokat juga harus bijak menghadapi sengitnya persaingan antar advokat itu sendiri.

"Karena pertumbuhan advokat itu tinggi dan konsentrasinya di kota-kota besar, khususnya Jakarta. Dengan semakin banyaknya avdokat, persaingan dan gesekan tidak dihindari," pesan Luhut.

Apabila tidak dilandasi moral yang tinggi, sambung dia, maka seorang advokat akan mudah tergelincir kepada hal-hal yang tidak baik.

"Sekali Anda tegelincir kepada hal-hal yang seperti itu, maka akan terulang," tandasnya.

Ke-32 advokat ini nantinya dibebani tanggung jawab untuk menjalankan profesinya dengan senantiasa tunduk pada UUD 1945, Undang-Undang Advokat, dan Undang-Undang lainnya, AD/ART Peradi dan Kode Etik Advokat.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini