Kemenkumham Permudah Ganti Rugi Korban Salah Tangkap

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 20 November 2015 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 20 337 1253055 kemenkumham-permudah-ganti-rugi-korban-salah-tangkap-xRfHogyHyp.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Dirjen Peraturan Perundang-undangan (PP) Kemenkumham, Widodo Eka Ekatjahjana mengatakan, sulitnya mencairkan uang ganti rugi bagi korban salah tangkap di Indonesia membuat kesan negara tidak hadir memberikan keadilan bagi rakyatnya.

"Kalau ada kasus salah tangkap, banyak mereka yang enggak tahu mau ganti ruginya bagimana. Seolah-olah negara tidak hadir. Makanya, kami akan sosialisasikan peraturan ini," kata Widodo.

Widodo menjelaskan, aturan ganti rugi dalam PP 27 Tahun 1983 tidak berpihak kepada korban lantaran korban salah tangkap hanya diganti Rp1 juta.

"Dalam kasus ini, seolah-olah negara tidak hadir. Kok ada peraturan seperti ini yang sangat tidak adil bagi masyarakat. Oleh karena itu, saya pastikan saat ini negara harus hadir menangani kasus-kasus masyarakat kecil, tidak melulu urus masalah elit di sana," bebernya.

Lanjut dia, saat ini Kemenkumham sedang melakukan revisi terhadap aturan tersebut. Hal itu diharapkan, apabila aturan ini diubah mampu memberikan rasa keadilan bagi korban salah tangkap minimal dari segi kompensasi.

"Nanti Selasa, kami akan gelar rapat dengan kementerian-kementerian lain, kita lakukan harmonisasi dengan instansi terkait," pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini