Menteri Marwan Minta Tambahan Anggaran Program Transmigrasi

ant, · Rabu 18 November 2015 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 18 337 1251599 menteri-marwan-minta-tambahan-anggaran-program-transmigrasi-0C6ufJcCZV.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, mengatakan perlu ada tambahan anggaran untuk mengoptimalkan transmigrasi.

"Peran transmigrasi dalam membangun Indonesia sudah sangat besar. Sayangnya, peran teransmigrasi ini masih dipandang 'sebelah mata', bahkan anggarannya berkurang," ujar Marwan di Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Pemerintah kata dia, terus berupaya menaikkan dana transmigrasi dan berupaya mengembangkan transmigrasi supaya lebih diperhitungkan lagi.

"Seluruh pemangku kepentingan kami minta untuk komitmen menaikkan jumlah anggaran transmigrasi, jangan malah turun seperti sekarang. Masak kami sampai mengais-ngais seperti ini untuk menghidupkan transmigrasi," papar dia.

Agar transmigrasi berjalan optimal, lanjut Marwan, paling tidak dibutuhkan dukungan anggaran Rp15 triliun. Dana ini dibutuhkan untuk penyediaan infrastruktur di daerah transmigrasi yang memang harus dilakukan.

"Nah, sekarang bagaimana mau mengembangkan transmigrasi kalau tidak didukung anggaran yang cukup? Kalau kewenangan yang diberikan tidak diberi dukungan anggaran yang cukup, maka hasilnya tak maksimal," keluh dia.

Menurut Marwan, anggaran transmigrasi tak pernah naik, bahkan sebaliknya justru turun. Ini menunjukkan bahwa selama ini peranan vital transmigrasi dipandang sebelah mata. Banyak sumbangsih dari program transmigrasi yang dilupakan.

"Transmigrasi tidak boleh dilupakan. Kita harus ciptakan sektor transmigrasi dengan maksimal, informasi kita buka seluas-luasnya, bangun pasar kita dari produk-produk transmigrasi,"jelas dia.

Mengembangkan transmigrasi pun tidak cukup dijalankan sendiri oleh satu kementerian. Perlu ada kerja sama dengan pemangku kepentingan, para usahawan, dan semua pemangku kepentingan untuk bersatu memajukan transmigrasi.

"Butuh komitmen semua pihak, pemda, swasta, semua harus ikut kembangkan transmigrasi, karena ini program sangat potensial bagi negara kita," tukas dia.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini