Perang Berdarah-darah Jadikan Ngurah Made Agung Pahlawan Nasional

Susi Fatimah, Okezone · Selasa 10 November 2015 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 09 337 1246387 perang-berdarah-darah-jadikan-ngurah-made-agung-pahlawan-nasional-1WobRqWokz.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Tokoh asal Bali, I Gusti Ngurah Made Agung ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis 5 November 2015.

Dilansir dari situs denpasarkota.go.id, I Gusti Ngurah Made Agung merupakan Raja Badung VII yang memerintah pada 1902-1906. Ia adalah tokoh sentral dalam peristiwa heroik Perang Puputan Badung yang terjadi pada 1906 ketika Belanda menyerbu Denpasar. Kata puputan berarti habis-habisan. Tak kurang dari empat ribu orang termasuk keluarga raja Denpasar tewas dalam peristiwa itu.

I Gusti Ngurah Made Agung gugur demi mempertahankan kedaulatan Tanah Air (Badung) dalam bingkai nusantara. Hal itu dilakukan dalam rangkaian perjuangan merintis kemerdekaan Indonesia.

Sebagai bentuk kehormatan dan mengenang perjuangannya, Wali Kota Denpasar membangun monumen Puputan Badung yang sekarang terkenal dengan nama Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung terletak di jantung Kota Denpasar di depan Museum Bali.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini