270 Anggota Peradi Diambil Sumpah sebagai Advokat

Arief Setyadi , Okezone · Senin 02 November 2015 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 02 337 1242448 270-anggota-peradi-diambil-sumpah-sebagai-advokat-Rb8uBAqazw.jpg Pengangkatan Advokat Peradi (Foto: Doc)

JAKARTA - Sebanyak 270 anggota DPN Peradi resmi diangkat dan diambil sumpahnya sebagai advokat di wilayah hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Pusat. Pelantikan tersebut dilakukan setelah mereka dinyatakan lolos ujian profesi advokat di Jakarta.

Prosesi pengambilan sumpah dan pengangkatan advokat dipimpin Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi), Juniver Girsang. Didampingi Wakil Ketua Umum Harry Ponto dan Luthfi Hakim serta Sekretaris Jenderal Hasanuddin Nasution. Sementara pengucapan sumpah dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta, Made Rawa Aryawan.

Ketua Umum DPN Peradi Juniver Girsang mengatakan, pengangkatan advokat dilakukan sebagaimana Surat Ketua Mahkamah Agung (MA) No 73. Setelah pengangkatan gelombang pertama ini, dalam waktu dekat akan kembali dilakukan pengangkatan berikutnya.

"Bahwa pelantikan ini gelombang pertama di kepemimpinan saya di DPN Peradi. Hal ini membuktikan kalau tidak ada alasan lagi bahwa advokat yang telah memenuhi syarat dihalangi, karena selama ini kesan itu yang terjadi," katanya usai pengangkatan para advokat di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Senin (2/11/2015).

Sehingga, sambung Juniver, mereka yang sudah memenuhi syarat sebagai advokat sudah semestinya dilantik. Mengingat hal tersebut juga sudah menjadi hak mereka dan tidak ada lagi yang bisa menghalangi.

Juniver mengimbau para advokat yang resmi diangkat dan diambil sumpahnya untuk profesional dalam menjalankan tugas dengan memegang teguh peraturan undang-undang advokat dan kode etik advokat. Dirinya mengaku bersyukur dengan dilantiknya para anggota Peradi ini sebagai advokat, serta terimakasih tak lupa disampaikan kepada MA serta Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Hari ini mimpi cita-cita dan harapan telah terlaksana dengan baik. Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan seluruh aparat di Pengadilan Tinggi yang bisa bekerja dengan baik untuk kelancaran hari ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Made Rawa Aryawan berharap para advokat yang diangkat dan diambil sumpahnya hari ini bisa menjalankan profesinya dengan baik. Melalui profesionalisme tersebut, advokat harus mampu menjunjung tinggi keadilan dan kejujuran.

"Atas nama keluarga besar Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengucapkan selamat kepada yang diambil sumpah, semoga diberikan jalan bapak/ibu untuk jalankan profesi sebagai advokat," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini