nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rio Capella Jadi Tersangka, Nasdem Dinilai Gerak Cepat

Awaludin, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2015 23:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 15 337 1232589 rio-capella-jadi-tersangka-nasdem-dinilai-gerak-cepat-IsxvnVpfHm.jpg Patrice Rio Capella (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi menetapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Patrice Rio Capella sebagai tersangka, terkait dugaan suap dalam kasus bantuan sosial (Bansos) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Saat Rio ditetapkan sebagai tersangka, pria kelahiran Bengkulu itu langsung mengundurkan diri dari Partai Nasdem dan Anggota Komisi III DPR RI.

Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hiyatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago menilai, yang dilakukan Rio dan Nasdem adalah suatu tindakan yang sangat berani.

‎"Proses non aktifnya Rio Capella patut kita apresiasi, itu sangat cepat. Bahkan ia mundur secara gentelmen tanpa diminta parpol," kata Ipang di Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Apa yang dilakukan Rio Capella, dia berharap harus dilakukan oleh partai politik yang lain. Di mana, saat kader parpol tersangkut kasus hukum bisa langsung meninggalkan jabatannya.

"Ini kultur politik yang mesti ditiru partai lain. Namun ini belum kiamat bagi Nasdem. Selama ini Nasdem membangun partai anti korupsi," sambung dia.

Dia berharap, penetapan tersangka Rio Capella oleh lembaga antirasuah itu tidak ada unsur politik. Sebab, penetapannya dianggap sangat cepat, padahal pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus yang menjeratnya belum semuanya selesai.

"Tak bisa dinafikkan bahwa yang memilih komisioner KPK adalah DPR. garis politiknya bisa saja tetap tidak terputus. Jadi tidak ada unsur politiknya, benar-benar atas prinsip dasar hukum yaitu penegakan hukum dan perlakuan yang sama warga negara di depan hukum‎," tuturnya.

Pangi pun menilai, terlibatnya Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh di kasus tersebut terlalu jauh.

"Kalau saya menilainya saat ini itu terlalu jauh, KPK fokus saja dulu atas Rio Capella dan saksi-saksi, kan pemeriksaan saksi-saksi belum semuanya selesai diperiksa," pungkasnya.

(AWL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini