nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Surat Ketua MA soal Sumpah Advokat Menuai Kritik

Risna Nur Rahayu, Okezone · Senin 05 Oktober 2015 19:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 05 337 1226579 surat-ketua-ma-bisa-picu-munculnya-advokat-tak-berkualitas-3l0rirwLUR.jpg foto: dok. Okezone

JAKARTA - Surat Ketua Mahkamah Agung bahwa seluruh advokat boleh disumpah asalkan sudah memenuhi syarat meski darimanapun organisasinya, menuai kritik. Surat tersebut dinilai akan menimbulkan masalah baru.

Ketua Umum Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Sutrisno menjelaskan, masalah baru yakni akan muncul organisasi advokat yang mempunyai standar masing-masing.

"Sikap MA menimbulkan ketidakpastian bagi dunia advokat, karena dalam hal ini Mahkamah Agung sama sekali tidak menentukan dan membatasi kepengurusan organisasi advokat,” jelas Sutrisno di Jakarta, Senin (5/10/2015).

Menurutnya, kondisi tersebut dapat melahirkan advokat-advokat yang tidak berkualitas. Pada akhirnya, justru merugikan para pencari keadilan dan merusak citra advokat sendiri.

“Dengan kondisi seperti ini niscaya peningkatan kualitas Advokat akan terabaikan. Ini merugikan masyarakat pencari keadilan dan merusak dunia Advokat, dunia peradilan dan penegakan hukum,” tambahnya.

Sehingga dia meminta Ketua Mahkamah Agung mencabut surat keputusan tersebut. "Untuk menghindari adanya kerugian para pencari keadilan dari kualitas advokat yang jelek maka kami meminta dan berharap yang mulia Ketua Mahkamah Agung mencabut keputusan itu," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini