Share

Marwan Ajak Birokrat Implementasikan Nilai Sosial Berkurban

Fahmi Firdaus , Okezone · Kamis 24 September 2015 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 24 337 1220424 marwan-ajak-birokrat-implementasikan-nilai-sosial-berkurban-t3fh2gXkEF.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengajak kepada semua birokrat untuk bisa memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai sosial ibadah kurban yang dilakukan saat hari raya Idul Adha.

"Idul Adha mempunyai dua dimensi. Pertama adalah dimensi ritual-transendental. Dimana ritual kurban ini sebagai wujud penghambaan manusia dalam ekspresi syukur kepada Allah SWT," ujar Marwan di Jakarta, Kamis (24/9/2015).

Dimensi kedua kata dia, yaitu dimensi sosial yang tergambar dari komponen pembagian hasil penyembelihan hewan kurban kepada fakir miskin. "Disini ditujukan untuk menimbulkan nuansa egaliter dalam masyarakat,"sambungnya.

Dimensi sosial dari kurban, menurutnya harus menjadi semangat para birokrat di lingkungan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi untuk meningkatkan produktifitas kerja dan mengentaskan angka kemiskinan di perdesaan.

"Nilai-nilai ibadah kurban harus menjadi cambuk untuk meningkatkan produktivitas kerja demi mengentaskan kemiskinan yang masih banyak terjadi di perdesaan,"katanya.

Politikus PKB ini menambahkan, ibadah kurban selain sebagai bentuk penghambaan kepada Allah, juga harus ditindaklanjuti dengan peningkatan kualitas moral dan sosial para pekurbannya.

"Ibadah dalam bentuk ritual belumlah sempurna jika tanpa dibarengi ibadah dalam bentuk kepekaan dan kepedulian sosial. Jika kita dapat mengaktualisasikan kesalehan individual-personal melalui ibadah, menjadi suatu kesalehan sosial,"pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini