Share

Darmin Nasution Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Adnan Buyung Nasution

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Kamis 24 September 2015 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 24 337 1220180 darmin-nasution-jadi-inspektur-upacara-pemakaman-adnan-buyung-nasution-UYHxxyLmCZ.jpg Foto: Rachmad Faisal/Okezone

JAKARTA - Jenazah almarhum Adnan Buyung Nasution tiba di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Jenazah tiba diiringi keluarga dan kolega yang turut mengantar kepergian almarhum dari rumah duka di Lebak Bulus.

Setibanya di TPU Taman Kusir, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memimpin upacara pemakaman jenazah. Darmin yang mengenakan jas hitam dan dasi berwarna putih biru serta peci hitam itu membuka prosesi pamakaman dengan pembacaan apel persada, simbol pelepasan jiwa raga.

"Saya dengan ini mempersembahkan persada yang merupakan simbol raga dan jasa almarhum. Beliau memiliki jabatan sebagai anggota dewan pertimbangan presiden 2007-2009," ujar Darmin, saat membacakan apel persada, di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (24/9/2015).

Dalam pemakaman secara militer ini, Darmin memberikan penghormatan kepada almarhum. "Semoga jasa almarhum dapat menjadi suri tauladan. Semoga arwahnya dapat diterima semestinya di alam baka," ucapnya.

Sebelumnya, Darmin tiba di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan sekira pukul 08.45 WIB. Jenazah tiba di TPU Tanah Kusir sekira pukul 09.00 WIB.

Darmin Nasution memimpin jalannya upacara penyerahan jenazah yang diserahkan dari pihak keluarga kepada pihak negara melalui prosesi militer.

Adnan Buyung Nasution yang lahir di Jakarta 20 Juli 1934, meninggalkan istri dan empat orang anak. Almarhum meninggal pada Rabu 23 September 2015 di Rumah Sakit Pondok Indah pada pukul 10.15 WIB karena sakit komplikasi.

Pantauan Okezone, dalam prosesi pemakaman tersebut ada pelepasan salvo, tembakan ke udara, yang dilepas enam personel militer. Tembakan salvo dilepas sebagai simbol penghormatan terakhir sebelum jenazah menyatu dengan tanah, kembali ke pangkuan Tuhan.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini