Share

Menko PMK: Festival Boalemo Bakal Percepat Pembangunan Daerah

ant, · Kamis 10 September 2015 23:57 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 10 337 1212135 menko-pmk-festival-boalemo-bakal-percepat-pembangunan-daerah-ipDnEm978g.jpg Menko PMK Puan Maharani (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA - Festival Boalemo 2015 bert‎ujuan menjadikan Boalemo sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah terutama sektor pariwisata bahari.

Demikian Menteri Koordinator ‎Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani‎, saat menyampaikan sambutan di acara puncak Festival Boalemo, Gorontalo, Kamis, (10/9/2015).

Penyelenggaraan Festival Boalemo 2015 adalah rangkaian dari Sail Tomini 2015. Menko PMK ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pengarah pelaksanaan Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015, yang diberi tema “Mutiara Khatulistiwa untuk Kehidupan Masa Depan”.

Festival Boalemo 2015 ini diadakan sebagai rangkaian perhelatan Sail Indonesia. Dalam dua pelaksanaan Festival Budaya terdahulu yaitu Festival Derawan 2013 dan Festival Sentani 2014. Jadi,dapat disebut kegiatan ini adalah bentuk miniatur dari acara Sail itu sendiri. ‎

"Boalemo berada di pesisir Teluk Tomini sehingga tidak heran kalau daerah ini memiliki panorama pantai yang indah dan kekayaan sumber daya hayati laut yang tinggi," ucap Puan.

Puan menjelaskan Festival Boalemo 2015 demi percepatan pembangunan kelautan dan daerah pesisir kepulauan.

"Percepatan pembangunan tersebut dilaksanakan dengan cara menggalang keterpaduan program kegiatan yang dimiliki oleh berbagai kementerian dan lembaga pusat, provinsi, kabupaten/kota, TNI, ‎swasta dan masyarakat," ungkap Puan.

Rangkaian kegiatan Festival Boalemo antara lain meliputi:‎ Program BUMN Peduli Tomini dan Festival Boalemo 2015, y‎acht rally dan Lomba Olahraga Bahari, pameran potensi daerah, ‎konvensi dan seminar nasional dan internasional.

Menurut Puan, k‎egiatan ini digelar untuk percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan parwisata yang ada di daerah. Selain itu, ini juga digelar guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya, khususnya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

"Saya berharap‎ ‎Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Boalemo dapat menggerakkan gerakan sadar wisata, Gerakan ini adalah semangat membangkitkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya pariwisata di Kabupaten Boalemo, dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Puan.

Menko PMK juga mengingatkan bahwa perkembangan pariwisata tidak hanya penting dari sisi pembangunan ekonomi, tetapi juga dari sisi pembangunan budaya.

"Kita sebagai bangsa harus mampu membangun ekonomi dan budaya secara terpadu. Dengan berkembangnya pariwisata, akan membuka peluang bertumbuh kembangnya industri-industri lokal berbasis budaya yang pada saat ini mau tidak mau harus siap bersaing baik di pasar domestik maupun internasional," kata Puan.

Untuk mengoptimalkan potensi sumber kelautan dan pariwisata tersebut harus dipersiapkan sumber daya manusianya. SDM yang berkualitas, produktif dan berdaya saing harus disiapkan melalui pembangunan manusia yang sadar budaya dan sadar wisata.

"Dengan kekayaan sumberdaya alam, serta keragaman adat istiadat dan budaya, saya yakin masyarakat Boalemo akan mampu membangun sektor pariwisata sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi pada masa depan," tandas Puan.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini