Datangi KPK, Ayu Azhari Usut Kejelasan Uangnya

ant, · Senin 07 September 2015 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 07 337 1209941 datangi-kpk-ayu-azhari-usut-kejelasan-uangnya-N0iWJlIJ1t.jpg Ayu Azhari datangi KPK (Foto: Antara)
 JAKARTA - Artis Khadijah Azhari alias Ayu Azhari datang ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini. Kedatangannya itu untuk mengusut kejelasan uang miliknya yang disita oleh KPK terkait perkara tindak pidana pencucian uang Ahmad Fathanah sebagai orang kepercayaan mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq.
 

"Aku datang ke KPK untuk mencari tahu apa akhir dari persoalan yang dulu pernah terjadi. Kan sudah ada keputusannya. Aku ingin tahu akhirnya saja, supaya aku tahu oh ya sudah clear. Kan dulu ada barang bukti setelah ada putusan pengadilan dan aku enggak tahu perkembangannya bagaimana," kata Ayu seusai menemui jaksa penuntut umum di gedung KPK Jakarta, Senin (7/9/2015).

Pada kasus tersebut, Ayu Azhari disewa oleh Fathanah untuk mengisi acara sebagai penyanyi dalam acara sosialisasi pilkada PKS. Kemudian dalam sidang yang digelar pada 26 September 2013, Ayu mengakui bahwa dirinya menerima uang sebanyak USD1800 dolar AS dan Rp20 juta sebagai tanda kerja sama awal supaya Ayu mengisi acara pilkada di sejumlah tempat atas permintaan Fathanah.

Dalam kontrak tersebut, Ayu seharusnya menyanyi di 9-10 titik, dengan nilai kesepakatan mencapai Rp75 juta. Jumlah itu merupakan kontrak kerja atas nama Ayu dan anaknya. Namun ternyata, pekerjaan yang dijanjikan tidak ada yang terwujud, sehingga uang muka yang diterima Ayu dikembalikan ke KPK.

"Aku datang ke sini karena susah ditelefon, kebetulan ada Abah Jalil yang menemani. Aku datang ke sini untuk mencari jawaban akhir dari semuanya, alhamdulillah udah dapat jawabannya, udah clear," tambah Ayu.

Meskipun sudah bertemu dengan pihak KPK, namun Ayu tidak mendapatkan kembali uang yang dimaksudnya. "Jawabannya barang bukti aku dirampas untuk negara, ya udah aku ikhlas," ungkap Ayu.

Terkait jumlah uang yang diserahkan ke KPK, Ayu enggan berkomentar. "Uang, (cari di) Google saja jumlahnya. Tanya 'Mbah Google'. Buat aku enggak papa, aku ikhlas. Kalau dirampas untuk negara kan dimanfaatkan, dipakai untuk negara. Paling tidak, aku tahu akhirnya," jelas Ayu.

Ia sempat menuturkan andai uang yang disita itu kembali ke tangannya, ia berencana mentraktir teman-teman. "(Kalau tidak disita), ya diambil, dipakai untuk traktir teman-teman," kata Ayu.

Seperti diketahui, nama Ayu Azhari terseret dalam kasus dugaan suap yang melibatkan mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, setelah KPK menemukan bukti SMS, percakapan telefon, dan pertemuan antara Ayu dengan Fathanah. Sebelumnya, Ayu juga sudah diperiksa KPK.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan beberapa tersangka yakni, Luthfi, kolega Luthfi yakni Ahmad Fathanah, Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman, Direktur PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi.

(Fal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini