Share

DPR Kecam Buruh China Dapat Perlakuan Istimewa

Syamsul Anwar Khoemaeni, Okezone · Selasa 01 September 2015 00:51 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 01 337 1205925 dpr-kecam-buruh-china-dapat-perlakuan-istimewa-TQKiBj8iR2.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Serbuan buruh dari China membuat tenaga kerja lokal semakin terpinggirkan. Bahkan, di sejumlah tempat, buruh asal negeri tirai bambu mendapat perlakuan istimewa. Anggota komisi VI DPR, Bambang Haryo, mengecam keras situasi tersebut. Menurutnya, sangat tidak adil jika buruh lokal pendapatannya lebih kecil dari buruh asal China.

"Saya hari ini membaca berita bahwa buruh dari China mendapat perlakuan istimewa. Jika benar itu yang terjadi, kami sebagai wakil rakyat akan membela sampai titik darah penghabisan. Tidak akan kami biarkan orang Indonesia terjajah di negeri sendiri," tegas Bambang di KomplekS DPR, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Politikus Partai Gerindra tersebut lantas mengkritik kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terkesan diambil secara tergesa-gesa dan menyebabkan kerugian bagi masyarakat. Bambang meminta agar pemerintah dapat memperbaiki kinerja.

"Jika ingin mengambil keputusan, resikonya harus dihitung dahulu jangan tergesa-gesa dan yang terutama kepentingan rakyat Indonesia harus jadi prioritas, bukan kepentingan asing," ujarnya.

Berkaca pada negeri jiran Malaysia, ia mengimbau agar Jokowi mengambil jalan untuk mencegah ketidakpuasan masyarakat dan turun ke jalan.

"Kita lihat saja Malaysia, ribuan orang bisa turun ke jalan, jangan sampai di Indonesia terjadi seperti itu lagi," pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini