MUI: BPJS Halal jika Sistemnya Syariah

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 21 Agustus 2015 22:46 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 21 337 1200500 mui-bpjs-halal-jika-sistemnya-syariah-proi9kWxsW.jpg BPJS (Foto: Ilustrasi)
JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan, keputusan ijtima ulama di Tegal, Jawa Tengah beberapa waktu lalu sama sekali tidak untuk menjegal program Indonesia sehat melalui program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Ketua Komisi Dakwah MUI, Cholil Nafis, mengatakan, MUI sangat mendukung program Indonesia sehat,

“Kalau mau dipercaya masyarakat tentu sistemnya harus diubah, dan benar-benar menjadi BPJS Syariah,” ujarnya saat menghadiri seminar tentang BPJS di Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (21/8/2015).

Menurutnya, adanya keraguan sebagian masyarakat bahwa BPJS tidak sesuai syariah sudah berkembang sebelum munculnya keputusan ijtima.

"Karena itu, keputusan ijtima harus dipahami sebagai aspirasi umat Islam yang menghendaki dapat mengamalkan ajaran Islam dalam berbagai segi," bebernya.

Dia berharap, seminar tersebut menjadi masukan kepada penyelenggara BPJS agar mengubah sistem yang terbaik dan sesuai syariat Islam.

Di tempat yang sama, Deputi Komsioner OJK Bidang Pengawasan, Eddy Setiadi, mengatakan, bahwa fatwa MUI tentang BPJS yang dikatakan tidak sesuai dengan syariah harus disikapi secara benar.

"Dalam arti bahwa pihak-pihak yang bersangkutan harus duduk bersama merumuskan bentuk yang tepat, sehingga tidak menimbulkan kontra-produktif terhadap program pemerintah untuk menyehatkan masyarakat," jelasnya.

Ia memberi solusi agar pengelolaan BPJS secara syariah harus dilakukan secara gradasi agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Kalau pengelolaan ini sudah baik dapat ditingkatkan menjadi semacam unit usaha seperti pada pertumbuhan perbankan syariah,” tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini