Pemberi Suap Politikus PDIP Dituntut 3 Tahun Bui

Feri Agus Setyawan, Okezone · Kamis 20 Agustus 2015 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 20 337 1199484 pemberi-suap-politikus-pdip-dituntut-3-tahun-bui-Raq4kpdowu.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pemilik PT Mitra Maju Sukses (MMS), Andrew Hidayat dituntut hukuman pidana tiga tahun kurungan penjara dan denda Rp250 juta, subsider tiga bulan kurungan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK, dalam dugaan suap izin usaha pertambangan di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

"Menuntut supaya Majelis Hakim menjatuhkan pidana kepada terdakwa Andrew Hidayat berupa pidana penjara selama tiga tahun, ditambah dengan pidana denda Rp250 juta subsider tiga bulan kurungan," kata Jaksa pada KPK, Budhi Sarumpaet membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (20/8/2015).

Jaksa Budi juga meminta agar Majelis Hakim menyatakan Andrew secara sah dan meyakinkan menurut hukum, bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaiman diatur dan diancam pidana dalam Pasal 5 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001juncto pasal 64 ayat (1) KUHP, sebagaimana dalam dakwan pertama.

Sebelum membacakan tuntutan tersebut, Jaksa KPK menyampaikan pertimbangannya dalam hal yang memberatkan dan meringankan sebelum menuntut pemberi suap kepada politikus PDIP, Ardiansyah itu.

Menurut Jaksa Budi hal yang memberatkan bagi Andrew yakni perbuatan terdakwa sebagai pengusaha ikut mendorong perilaku pemerintahan daerah yang koruptif dan perbuatan terdakwa tidak sejalan dengan spirit masyarakat bangsa dan negara dalam pemberantasan korupsi.

"Hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan dalam persidangan, terdakwa menyesali perbuatannya, terdakwa mempunyai tanggungan keluarga dengan anak-anak yang masih kecil dan terdakwa belum pernah di hukum," tukasnya.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini