Transmigran Sukses Motivator Kemajuan Bangsa

Fahmi Firdaus , Okezone · Kamis 13 Agustus 2015 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 13 337 1195935 transmigran-sukses-motivator-kemajuan-bangsa-buGIWaeYwA.jpg Marwan Jafar (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan, program transmigrasi telah melahirkan berbagai kisah sukses masyarakat. Menurutnya, transmigran bukan orang terpinggirkan, melainkan masyarakat sukses yang berpikiran maju.

Salah satu dorongan itu kepada para transmigran adalah dengan memberi penghargaan Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan 2015. Pemberian penghargaan ini sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70 di lingkungan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.

“Sudah bertahun-tahun program transmigrasi kita jalankan, dan sekarang harus kita hidupkan lagi dengan semangat baru. Penghargaan bagi transmigran teladan ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk menyongsong masa depan yang lebih baik untuk masa depan kita dan anak cucu kita,” terang Marwan dalam acara pemberian penghargaan Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan 2015 di Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Transmigran yang mendapat penghargaan, kata dia, telah menunjukkan dedikasi dan partisipasi aktif dalam mempercepat kesejahteraan masyarakat transmigrasi.

"Pemberian penghargaan juga diukur dari kesungguhan dalam mendukung pelaksanaan program transmigrasi dan terbukti mampu peningkatan kesejahteraan keluarganya," sambungnya.

Menurutnya, transmigran adalah pahlawan karena telah berdedikasi membangun wilayahnya dan mampu menghidupkan ekonomi masyarakat.

"Karena itulah, Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi merasa sangat perlu memberi penghargaan,” ujarnya.

Para transmigran yang sukses ini, lanjut Marwan, telah berhasil mencapai titik balik kesuksesan dalam hidupnya. Dari 21 nominator penerima penghargaan, 11 diantaranya adalah buruh serabutan di daerah asalnya.

“Kemudian setelah ikut transmigrasi, mereka sukses meningkatkan taraf hidup keluarga, bahkan memberi andil besar dalam membangun ekonomi di lingkungan masyarakat. Kisah sukses ini membuktikan bahwa transmigran bukan kaum marginal, bukan orang terpinggirkan melainkan saudara kita yang sukses dan berhasil hidup maju,”ungkapnya.

Kata dia, pemberian penghargaan ini sangat penting untuk memotivasi para transmigran untuk bekerja lebih giat lagi. Kemudian masyarakat yang tinggal di daerah padat penduduk dan menghadapi kesulitan lapangan pekerjaan juga bisa mendapat contoh yang baik.

"Sehingga mereka tertarik ikut program transmigrasi yang terus kita siapkan,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, program transmigrasi merupakan program strategis yang mampu mengatasi permasalahan demografi, mempercepat pembangunan nasional, mengentaskan kemiskinan masyarakat.

"Dan menekan angka pengangguran dengan memberikan peluang kerja yang lebih luas bagi masyarakat," pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini