Perlu Sosialisasi Menyeluruh tentang BPJS

Patricia Diah Ayu Saraswati, Okezone · Selasa 11 Agustus 2015 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 11 337 1194283 perlu-sosialisasi-menyeluruh-tentang-bpjs-HNfp57R6PY.jpg Ilustrasi BPJS Kesehatan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Peneliti Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, Triyono, mengatakan harus ada sosialisasi secara menyeluruh untuk pelaksanaan Badan Penyelenggara Sistem Jaminan Sosial (BPJS).

"Sosialisasi secara menyeluruh menjadi inti dalam pelaksanaan BPJS," ujar Triyono dalam diskusi Menelaah Impelementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN): Manfaat dan Kendala, di Media Center LIPI, Selasa (11/8/2015).

Triyono menambahkan, sosialisasi yang dilakukan saat ini masih kurang dan tidak efektif, sehingga pemahaman masyarakat tentang BPJS masih minim, khususnya tentang BPJS Ketenagakerjaan.

"Kendala lainnya populasi masyarakat yang besar, luas geografi, infrastruktur kesehatan, dan dominasi pekerja informal," imbuhnya.

Triyono juga menerangkan, iuran BPJS Ketenagakerjaan yang terlalu besar justru dapat membebani para pekerja itu sendiri.

"Iuran BPJS Ketanagakerjaan yang terlalu besar membebani pekerja dan pengawasan terhadap kepatuhan perusahaan dalam kepesertaan masih kurang karena terbatasnya pengawas dari Kementerian Ketenagakerjaan," jelasnya.

Kendati demikian, Triyono berharap dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan ini bisa menjadi pelindung untuk para pekerja.

"Diharapkan BPJS bisa jadi pelindung untuk para pekerja," tuturnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini