nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SJSN Masih Perlu Diperbaiki

Patricia Diah Ayu Saraswati, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2015 14:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 08 11 337 1194228 sjsn-masih-perlu-diperbaiki-KShoKLS2De.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai sistem jaminan sosial nasional (SJSN) masih perlu diperbaiki.

"Masih banyak kelemahan, harus ada penyempurnaan berkelanjutan terus-menerus, hingga sampai pada sistem jaminan sosial yang mapan," ujar peneliti dari Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Teddy Lesmana, dalam diskusi Menelaah Implementasi SJSN, di Media Center LIPI, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Teddy mengatakan, sebenarnya jaminan sosial merupakan bentuk pembebasan kesulitan masyarakat atau suatu upaya untuk membebaskan masyarakat dari kesulitan. Namun, harus ada perbaikan signifikan karena masyarakat belum merasakan manfaatnya secara menyeluruh.

"Masih kurang sosialisasi yang rinci kepada masyarakat, penyedia layanan kesehatan, hingga pemahaman tentang status sosial sehingga malah menjadi kendala dalam pelaksanaan jaminan sosial ini," jelas Teddy.

Tak hanya itu, persebaran SDM kesehatan dan pembangunan yang tidak merata juga menjadi kendala dalam pelaksanaan jaminan sosial di masyarakat.

"Orang Indonesia sendiri juga menganggap bahwa risiko itu bukan sesuatu yang inheren, tidak seperti masyarakat di luar. Selain itu masyarakatnya juga bukan insurance minded. Jadi, perlu sosialisasi yang lebih mendalam dari pemerintah kepada masyarakat," ungkapnya. (fds)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini